Mengatasi Kematian Larva Ikan Akibat Suhu Air

Larva ikan atau ikan yang baru menetas merupakan individu-individu yang masih lemah dan mudah terpengaruh dengan kondisi lingkungan. Kena hujan sedikit-mati-kena panas sedikit-mati-kena sabun sedikit-mati. Larva ikan sangat rentan karena kekebalan tubuhnya masih lemah.

Salah satu kondisi lingkungan yang sering mematikan larva ikan adalah suhu air. Ikan sebagai hewan berdarah dingin, dapat hidup pada air dingin maupun air hangat. Namun yang dapat membahayakan ikan adalah suhu yang perubahannya terlalu ekstrim dalam 1 hari. Misalnya saja suhu siang hari mencapai 32OC dan ketika malam tiba, turun drastis menjadi 20OC. Perubahan suhu yang ekstrim ini sangat berbahaya bagi ikan.

sinar matahari
Sinar matahari merupakan penyebab utama meningkatnya suhu air kolam

Perubahan suhu yang sangat ekstrim biasa terjadi di daerah dataran tinggi pada musim kemarau. Siang begitu panas, namun malamnya begitu dingin. Perubahan suhu ekstrim tersebut menjadikan metabolisme ikan menjadi tidak normal dan akibatnya berujung dengan kematian masal larva ikan.

Bagaimana cara mengatasi persoalan tersebut?

Cara yang paling mudah adalah dengan memberikan atap pada kolam ikan. Penutup tersebut dapat dibuat permanen dengan asbes ataupun secara sederhana dengan ditutup terpal. Atap tersebut sangat penting terutama pada siang hari untuk menghindari sinar matahari yang dapat meningkatkan suhu air. Sinar matahari yang tertahan tidak akan menghasilkan perubahan suhu yang ekstrim pada air kolam.

lemna minor
Tumbuhan Lemna minor

Apabila cara tersebut dirasa sulit, anda dapat mencoba dengan menambahkan tumbuhan air pada kolam tersebut. Tumbuhan air seperti Lemna maupun Azola dapat ditambahan pada kolam larva ikan. Tumbuhan tersebut akan mengapung di permukaan dan menyerap sebagian besar sinar matahari sehingga mengurangi sinar yang akan meningkatkan suhu air. Tumbuhan tersebut dapat dicari di sawah-sawah dan mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan kolam ikan.

Dengan menerapkan salah satu langkah sederhana di atas, anda dapat mengurangi jumlah larva ikan yang mati akibat perubahan suhu air yang ekstrim. Cara mana yang mau anda coba?

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Mengatasi Kematian Larva Ikan Akibat Suhu Air"